Ratusan Kios di Pasar Mardika Ambon Terbakar

Ambon: Ratusan rumah toko (ruko) dan lapak pedagang di Pasar Mardika, Ambon, ludes dilalap si jago merah, Selasa (21/05/2013) dini hari. Kondisi ruko yang saling berimpitan dengan lapak pedagang membuat api dengan cepat membakar ratusan ruko dan lapak pedagang di pasar tersebut.
Berdasarkan pantauan di lokasi kejadian, api hingga kini masih terus menjalar ke sejumlah ruko lainnya. Untuk memadamkan kobaran api, sejumlah mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke pasar tersebut.
Petugas pemadam kebakaran mengalami kesulitan memadamkan kobaran api lantaran jalan masuk ke lokasi kebakaran sangat sempit. Untuk menghindari meluasnya kebakaran, ratusan pedagang terpaksa membongkar sejumlah toko dan kios pedagang di pasar tersebut.
Belum diketahui mengenai adanya korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, jumlah kerugian akibat peristiwa ini ditaksir mencapai miliaran rupiah.
Kepada Kompas.com, sejumlah saksi mata menuturkan, kebakaran terjadi sekira pukul 03.00 WIT. Api berasal dari sebuah lapak yang ada di pasar tersebut.
“Api berasal dari sebuah lapak pedagang di pasar itu karena kobaran api terlihat dari situ. Saat hendak memadamkan api, ternyata kobaran api sudah membesar dan menjalar,” tutur La Ahmad, salah seorang pedagang di pasar tersebut.
Seorang petugas kepolisian yang berjaga di Bank Mandiri juga mengatakan jika kobaran api berasal dari salah satu lapak di pasar itu. “Saat itu saya lagi piket, dan saya melihat ada api membubung dari lokasi lapak di pasar itu,” ujarnya.

Komentar