Moluken Baru Buka Polling, Tiga Kandidat Cagub Maluku Menguat


Ambon: Menjelang pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku pada 11 Juni mendatang, media berita online Maluku www.moluken.com, hari  ini Senin (03/06) membuka layanan polling pada bagian kanan bawah di website , dengan pertanyaan siapakah calon gubernur Maluku 11 Juni mendatang.


Meski baru dibuka beberapa jam, tetapi hasil dan presentasenya sudah bisa dilihat. Dari hasil sementara yang ada dengan total 27 votting pegunjung moluken.com hingga pukul 14.00 WIT, nampak tiga kandidat gubernur Maluku menguat. Said Assagaff – Ety Sahuburua (SETIA)  menempati urutan pertama dengan presentase 37 % dengan total vote 10. Dua kandidat lainnya menyusul yaitu Abdullah Tuasikal – Hendrick Lewerissa (TULUS) dan Herman Koedoebun – Daud Sangadji (MANDAT) dengan peresentase 22%, atau masing-masing memperoleh 6 vote dari pengunjung website berita online Maluku ini.

Sementara diurutan berikutnya ditempati oleh pasangan Abdullah Vanath-  dengan presentase 11 persen dengan 3 vote pengunjung. Pasangan Jacobus Puttileihalat – Arifin Tappi (BOB – ARIF) menempati urutan terakhir dengan hanya memperoleh presentase 7 persen dengan total vote 2 orang dari pengunjung.

Redaktur pelaksana moluken.com Bachtiar Tanda Heluth, mengatakan polling,  yang baru dibuka dan angka presentase yang terpampang, bukan menjadi tolak ukur kemenangan dari pasangan calon gubernur Maluku pada 11 Juni mendatang, tetapi sebagai data pembanding dan kecendrungan dari pengunjung moluken.com terhadap lima pasang kandidat gubernur Maluku.

“ini hanyalah polling biasa yang coba dibuka dimedia online kami. Hasilnya juga belum tentu menunjukan hasil sebenarnya pilkada Maluku nanti. Angka presentase yang ada juga bisa berubah permenitnya kok, semakin banyak yang mengunjungi web kami dan melakukan vote ke kandidat gubernur pilihannya, maka angka presentase juga makin naik. “ungkapnya.

Kameraman SCTV Maluku ini juga menambahkan, bisa saja angka presentase yang ada merupakan para pemilih cerdas di Maluku ini, terutama di daerah yang sudah memili jaringan internet.  

“hasil polling ini bisa jadi menurut saya mewakili pemilih cerdas, sebab rata- dari pengunjung web kami ini adalah kalangan menegah keatas. Pengunjung dan yang mengakses web kami perhari adalah kalangan elit yang memiliki handpone dengan fitur initernet, serta yang memiliki komputer atau laptop pribadi yang tersambung dengan jaringan internet. “cetusnya. (Kasman). Sumber: MOLUKEN.COM


Komentar